Agar Bunda Melahirkan dengan Normal, simak tipsnya ! RSI Cahaya Giri 0317915321 - RSI Cahaya Giri
  • Agar Bunda Melahirkan dengan Normal, simak tipsnya ! RSI Cahaya Giri 0317915321


    Bagi calon bunda yang akan melahirkan untuk pertama kalinya, tentu masa menjelang proses persalinan atau melahirkan adalah moment yang sangat dinanti. Agar calon bunda merasa lebih tenang. Di sini ini kami akan membagikan beberapa tips sederhana agar proses melahirkan dapat berjalan lebih lancar dan normal. Berikut beberapa tips yang akan kami bagikan :
    1. Jaga Kesehatan
    Konsumsilah makanan bergizi seimbang, minum susu ibu hamil, mengkonsumsi suplemen yang diberikan dokter kandungan dan cukup istirahat, namun jangan bermalas-malasan. Dengan menjaga kondisi tubuh tetap sehat, proses melahirkan akan berjalan lebih lancar dan cepat.
    2. Siapkan Posisi Bayi
    Ketika memasuki masa menjelang kehamilan. Mulailah mempersiapkan posisi bayi agar siap meluncur, yaitu dengan bagian kepala berada di bawah. Lakukan latihan seperti bersujud, sehingga posisi lutut lebih rendah daripada pantat dan membantu bayi turun.
    3. Olah Raga Ringan
    Jalan kaki setiap pagi merupakan olah raga yang ringan dan aman untuk ibu hamil. Hal ini sudah dibuktikan oleh orang-orang sejak zaman dahulu untuk memperlancar proses melahirkan. Naik turun tangga merupakan hal yang dianjurkan. Tentu intensitasnya tidak boleh terlalu sering dan juga harus dilakukan dengan hati-hati. Tujuannya memudahkan janin untuk bisa segera turun dan berada pada posisi kelahiran.
    4. Terapi Pijat
    Terapi pijat dipercaya dapat mengurangi resiko kesulitan melahirkan. Namun ingat terapi ini harus dilakukan oleh terapis berpengalaman, serta dilakukan hanya pada bagian yang aman untuk ibu hamil seperti kaki, tangan, pundak dan leher. Serta lakukan pemijatan khusus untuk daerah kewanitaan Anda, yaitu daerah perineum, antara daerah kemaluan dengan anus. Hal ini berguna agar daerah tersebut lebih lentur dan siap untuk membuka dan meregang. Lakukan pijatan sebelum mandi dua kali sehari atau berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum melakukannya.
    5. Berusahalah untuk Tetap Rileks
    Mendengarkan musik klasik membantu Anda agar tetap rileks. Bagi Anda yang memiliki hoby berbelanja, membeli perlengkapan bayi pasti akan sangat menyenangkan sehingga dapat menghilangkan stress akan ketakutan rasa sakit saat melahirkan.
    6. Tetap Aktif Meski Terjadi Kontraksi
    Usahakan jangan langsung meringkuk di ranjang saat terjadi kontraksi. Jaga tubuh tetap tegak agar bayi turun dengan lancar dan mempercepat pembukaan.
    7. Tambah Energi
    Saat terjandi kontraksi tubuh semakin cepat kehilangan energi. Usahakan tetap makan dan minum saat ada jeda kontraksi. Hal ini penting agar saat proses melahirkan Anda tidak kehabisan energi.
    8. Coba Tarik Nafas Panjang Saat Terjadi Kontraksi
    Jangan bernafas tergesa-gesa dan pendek-pendek. Cobalah untuk menarik nafas panjang yang hembuskan perlahan. Teknik bernafas ini dapat mengurangi nyeri karena otot-otot lebih releks.
    9. Ikuti Instruksi Dokter Dengan Baik Saat Proses Melahirkan
    Ikuti dengan baik seluruh instruksi dari dokter. Mulai dari tarik nafas dalam-dalam, mengejang sambil menghembuskan nafas lalu istirahat dan ulangi kembali. Dengan mengejang efektif, dibutuhkan tidak lebih dari lima kali mengejang untuk melahirkan.
    10. Rutin Berkonsultasi pada Dokter Kandungan
    Rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan, memberikan jaminan agar Anda selalu tetap sehat dan siap menghadapi proses melahirkan.
    Semoga tips yang kami berikan dapat membuat Anda lebih tenang dan tidak takut akan proses melahirkan. Selama Anda selalu menjaga kondisi tubuh Anda tetap baik, proses melahirkan akan berjalan lebih lancar dan normal.
    *sumber: beberapa artikel internet
    Rumah Sakit Islam Cahaya Giri Gresik juga membuka layanan konsultasi bagi para calon  bunda agar lebih nyaman dan tenang dalam menjalaninya. Silahkan mengunjungi ke link berikut untuk bantuan dokter spesialis kandungan kami: Poli Spesialis Kandungan
    atau kontak ke 0317915321 maupun langsung ke Jalan Raya Bringkang No 90-94 Menganti Gresik.

  • You might also like

    2 komentar:

partner

wa